Breaking

Rilis Aplikasi eRapor SD v1.0


Pemerintah memberlakukan Kurikulum 2013 yang merupakan penyempurnaan dari kurikulum 2006. Hasil kajian pelaksanaan Kurikulum 2013 menunjukkan bahwa salah satu kesulitan pendidik dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 adalah dalam perencanaan, pelaksanaan, pengolahan, pemanfaatan dan pelaporan penilaian. Pada perencanaan penilaian, pendidik kesulitan merumuskan indikator instrumen penilaian, menentukan teknik penilaian yang tepat sesuai dengan kompetensi dasar yang diajarkan, mengembangkan butir-butir instrumen penilaian dan rubrik penilaian. Pada pelaksanaan penilaian, pendidik kesulitan melakukan penilaian sikap dengan berbagai teknik penilaian dalam waktu yang terbatas. Pendidik juga mengalami kesulitan dalam mengolah dan mendeskripsikan capain hasil penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Sehubungan dengan permasalahan terebut, Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar telah menyusun Aplikasi eRapor SD yang berbasis Dapodik, sehingga diharapkan satuan pendidikan tidak kesulitan dalam melakukan penilaian.

Untuk Aplikasi eRapor SD dan Panduan Penggunaan eRapor SD dapat diunduh di link berikut :




  • Panduan Penilaian Kurikulum 2013







1 comment:

sdnwadungasri said...

ini mengisinya hrs dgn connect laptop ops ya min? semisal bisa diinstal oleh masing2 guru wali kelas & mapel dengan mengimport database dapodik mungkin akan lebih memudahkan penggunaan guru wali kelas & mapel bisa mengisi di mana saja.