Breaking

Aplikasi Perpustakaan Sekolah (SchILS)


Perpustakaan, sebagaimana disebutkan dalam Pasal 1 poin 1, Undang-undang No. 43 Tahun 2007 adalah institusi pengelola koleksi karya tulis, karya cetak, dan/atau karya rekam secara profesional dengan sistem yang baku guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi, dan rekreasi para pemustaka. 

Pemustaka, dalam hal Perpustakaan Sekolah adalah segala stakeholder yang berada di dalam sekolah tersebut. Termasuk guru dan siswa. Sudah sewajarnya para guru dan siswa dapat menikmati bahan bacaan/materi yang dapat menunjang proses belajar mengajar. 

Karena itu, di dalam Perpustakaan Sekolah, sesuai dengan Pasal 1 poin 2, Undang-undang No. 43 Tahun 2007 menjelaskan bahwa koleksi perpustakaan adalah semua informasi dalam bentuk karya tulis, karya cetak, dan/atau karya rekam dalam berbagai media yang mempunyai nilai pendidikan, yang dihimpun, diolah, dan dilayankan. Setiap Sekolah, sebagaimana diatur dalam Pasal 23 ayat 1 Undang-undang No. 43 Tahun 2007, menyelenggarakan perpustakaan yang memenuhi standar nasional perpustakaan dengan memperhatikan Standar Nasional Pendidikan. Dengan kata lain, perpustakaan pun harus mampu mengikuti perkembangan zaman. 

Penggunaan internet secara massal saat ini sudah tidak bisa dihindari. Internet sudah menjadi bagian yang terpenting dalam segala aspek kehidupan. Termasuk sekolah. Internet dalam sekolah digunakan sebagai bagian penunjang proses belajar mengajar seperti yang dipaparkan pada paragraf sebelumnya. Demikian juga dengan perpustakaan. Perpustakaan yang ada di sekolah pun harus mampun mengikuti perkembangan teknologi, sebagaimana disebutkan dalam Pasal 23 ayat 5, Undang-undang No. 43 Tahun 2007 yang menyebutkan bahwa, Perpustakaan Sekolah/Madrasah mengembangkan layanan perpustakaan berbasis teknologi informasi dan komunikasi. 

School Integrated Library System (SchILS) dikembangkan dengan tujuan mendukung hal tersebut. Agar Perpustakaan Sekolah mampu berkembang dan mengikuti perkembangan teknologi di zaman serba internet ini. SchILS akan dimanfaatkan oleh perpustakaan sekolah-sekolah seperti SD, SMP, dan SMA (dan sederajatnya) dengan disediakannya materi-materi belajar, yang disediakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, secara maksimal. Semua koleksi tersebut dapat diunduh melalui SchILS. 

SchILS juga diharapkan mampu membantu para pengelola perpustakaan sekolah dalam mengelola koleksi di perpustakaannya. Pengembangan SchILS diadopsi dari aplikasi SLiMS yang sudah banyak digunakan oleh perpustakaan-perpustakaan sekolah diseluruh Indonesia. Harapannya, pengelola perpustakaan sekolah dapat saling berbagi informasi dan ilmu tentang bagaimana mengelola perpustakaannya menggunakan aplikasi otomatisasi perpustakaan.

Untuk Unduh Aplikasi School Integrated Library System (SchILS) sebagai berikut :
  1. Jenjang SD/Sederajat
  2. Jenjang SMP/Sederajat
  3. Jenjang SMA/Sederajat
  4. Panduan Aplikasi School Integrated Library System (SchILS)

1 comment:

monyet said...


AJOQQ menyediakan 9 permainan yang terdiri dari :
Poker,Domino99 ,BandarQ,BandarPoker,Capsa,AduQ,Sakong,Bandar66 ( NEW GAME )
Ayo segera bergabung bersama kami di AJOQQ :)
Bonus : Rollingan 0.3% dan Referral 20% :)
WA;+855969190856