Breaking

VerVal PD

Nomor lnduk Siswa Nasional (NISN) adalah nomor yang bersifat unik (tunggal) yang diberikan secara random kepada peserta didik oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan – Kebudayaan (PDSP-K) Kemdikbud yang merupakan bagian dari program DAPODIK (Data Pokok Pendidikan). NISN bertujuan untuk mengidentifikasi setiap individu peserta didik yang ada di setiap satuan pendidikan di seluruh Indonesia secara terintegrasi dan terkoordinasi. 
Demikian pentingnya NISN sehingga NISN perlu dikelola dengan baik agar data peserta didik selalu terjaga validitasnya. Salah satu sistem pengelolaan data peserta didik yang telah dibangun
PDSP-K adalah sistem verifikasi dan validasi data peserta didik (e-VerValPD) yang dipublikasikan melalui laman http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id. Sistem tersebut terdapat di dalam salah satu menu Pengelolaan Referensi yang ada di dalam laman http://referensi.data.kemdikbud.go.id.


Tujuan Aplikasi e-VerValPD

Tujuan dari verifikasi dan validasi data peserta didik (e-VerValPD) adalah untuk memadankan antara data peserta didik yang ada di DAPODIKMEN dengan di arsip PDSP-K sehingga satu peserta didik hanya memiliki satu NISN. Data peserta didik dari DAPODIKMEN yang masuk ke PDSP-K akan dicek kesesuaiannya berdasarkan NISN, nama, dan tanggal lahir. Data peserta dldik yang sudah sesuai akan masuk ke referensl sedangkan data peserta didik yang belum sesuai akan masuk ke resldu.

Panduan VerVal PD dapat diunduh disini :

No comments: