Breaking

Aplikasi Manajemen PIP SMP


Program Indonesia Pintar (PIP) dirancang untuk membantu anak-anak usia sekolah dari keluarga miskin/rentan miskin/prioritas tetap mendapatkan layanan pendidikan sampai tamat pendidikan menengah, baik melalui jalur pendidikan formal (mulai SD/MI hingga anak Lulus SMA/SMK/MA) maupun pendidikan non formal (Paket A hingga Paket C serta kursus terstandar). Melalui program ini pemerintah berupaya mencegah peserta didik dari kemungkinan putus sekolah, dan diharapkan dapat menarik siswa putus sekolah agar kembali melanjutkan pendidikannya. PIP juga diharapkan dapat meringankan biaya personal pendidikan peserta didik, baik biaya langsung maupun tidak langsung.

Untuk cek data Penerima PIP SDPIP SMA dan PIP SMK masing-masing direktorat teknis telah melakukan pengembangan Aplikasi Manajemen PIP untuk memudahkan sekolah untuk mengakses data penerima PIP, sehingga di harapkan dapat mempercepat proses Penyaluran PIP. Sedangkan untuk Penerima Program Indonesia Pintar (PIP) jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) Direktorat terkait sudah mengembangkan Manajemen PIP SMP yang dapat di akses di : https://pip.kemdikbud.go.id/smp/sekolah/, kemudian tunggu beberapa saat sampai dengan tampil halaman login sebagai berikut :


Masukkan Username = NPSN dan Password = Kode Registrasi Dapodik SMP. sampai muncul tampilan sebagai berikut :


Klik Siswa di bagian pojok Kanan Kanan Atas kemudian Pilih Tahun Penerimaan PIP dan Klik Download untuk mendownload data Penerima PIP jenjang SMP.


1 comment:

Unknown said...

Dana pip smp itu jelas tidak dananya tersalurkan kesetiap daerah?kami dari pihak sekolah saat ini kecewa karena orang tua murid marah dan tdk percaya, karena pip tahap 9 10 11 data masuk sekolah hanya dananya dicek siswa dan orang tua murid kosong itu gimana Bapak?