Breaking

Aplikasi eRapor untuk Entri Nilai di Dapodikdasmen v.2018b



Aplikasi Dapodikdasmen v.2018b telah rilis pada tanggal 30 Januari 2018 dengan berbagai macam jenis perbaikan dan pembaharuan Aplikasi Dapodik versi sebelumnya. (Lihat Daftar Perbaikan dan Pembaharuan). Salah satunya adalah Perbaikan adalah Pengaktifan kembali menu nilai.
Dalam Panduan Singkat Dapodikdasmen v.2018b dijelaskan maksud dari pangaktifan menu nilai (Rapor dan US/USBN) untuk jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK adalah sebagai berikut :
Penginputan isian nilai untuk semester genap kembali diaktifkan. Untuk sekolah dengan jenjang SD menggunakan input nilai pada Aplikasi Dapodikdasmen, sementara untuk jenjang SMP/SMA/SMK menggunakan aplikasi erapor yang telah disediakan oleh direktorat pembinaan masing-masing. Hasil penginputan erapor dapat langsung dimasukkan atau tersinkronisasi dengan aplikasi Dapodikdasmen.
Sehubungan dengan hal tersebut, diharapkan semua SMP, SMA, dan SMK diharapkan mengimplementasi Aplikasi eRapor yang telah disediakan oleh Direktorat Teknis masing-masing guna mendukung Dapodik sebagai satu-satunya sumber data di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Direktorat Pembinaan SMA sudah mengembangkan Aplikasi eRapor sampai dengan saat ini adalah eRapor v.2018.c, SMK juga sudah mengembangkan MPD-SMK v.2018.b, dan Direktorat Pembinaan SMP sudah mengembangkan eRapor v.1.1.

Dalam mendukung kinerja temen-temen Operatos Dapodik berikut kami sampaikan link Aplikasi eRapor yang sudah dikembangkan oleh masing-masing Direktorat Teknis.

1. Aplikasi eRapor SMA v.2018c
2. Aplikasi MPD SMK v.2018b