Breaking

Troubleshooting Instalasi Aplikasi Dapodikdasmen V.2018 dan Tarik Peserta Didik



Pertanyaan: Saat melakukan sinkronisasi Aplikasi Dapodikdasmen V.2018, muncul pesan “koneksi internet lambat” padahal koneksi internet yang digunakan sekolah sudah cukup memadai ?
Jawaban: Tahap pertama lakukan pergantian koneksi internet misal dari Provider A ke Provider B, jika tahapan ini sudah dilakukan masih belum berhasil melakukan sinkronisasi. Maka coba tambahkan Add On pada Web browser anda security kiss atau Add On yang sejenis.
Pertanyaan: Aplikasi  dapodikdasmen V.2018 sudah terinstall sesuai dengan tahapan yang benar, namun saat dijalankan tidak bisa dibuka dengan keterangan we are sorry, but someting went terrbily wrong. Apa yang harus dilakukan ?
Jawaban: langkah yang harus dilakukan adalah dengan melakukan pengecekan service database dapodikdasmen. Langkah pengecakan  service database:
  1. Klik start - klik  run - service.msc, cek service dapodikdb (klik start ), jika dapodikdb running silahkan buka login aplikasinya.
  2. Jika cara no. 1 belum juga bisa running dapodikdbnya, silahkan buka program file - dapodik. -database ( pastikan file berjumlah 18 file didalam folder database nya ), biasanya ada file yg corrupt atau hilang.

Pertanyaan: pada saat validasi data sarpras tertulis data periodik sarana jenis (-) yg berada di dalam Prasarana dengan nama Kelas (-) untuk periode Ganjil / 2017 belum diisi. Padahal di aplikasi sudah diisi.
Jawaban :
  1. Pastikan data periodik sudah terisi dengan benar dan sukses tersimpan.
  2. Pastikan tidak ada data sarana di menu Sarana telah Hapus Buku yg dihapus tanpa mengisi data periodik.


Pertanyaan: Bagi Peserta Didik Kleas X, apakah diisikan secara manual atau memanfaatkan fitur Tarik Peserta Didik?
Jawaban : Pengisian Peserta Didik baru lebih efektif memanfaatkan tarik PD dengan melihat kevalidan datanya (nama PD, TTL, NISN, dan nama ibu) , jika data valid lanjut tarik PD. Jika data tidak valid dengan adanya kesalahan perbaiki datanya melalui vervalpd. Hal ini penting dilakukan agar ada kesinambungan data siswa dari jenjang sebelumnya. Kecuali peserta didik dari MI/MTs harus diisikan secara manual.
Pertanyaan : Apa yang harus dilakukan jika sudah melakukan konfirmasi tarik Peserta Didik, namun belum juga turun ke aplikasi Lokal? apakah harus melakukan entri manual juga?
Jawaban: Jika sudah melakukan tarik Peserta Didik, tidak diperbolehkan melakukan entri manual yang berakibat data ganda. Jika terpaksa harus entri manual dikarenakan blm masuk ke aplikasi lebih baik batalkan tarik Peserta Didik terlebih dahulu dengan syarat masih tampil datanya
Pertanyaan: Bagaimana solusi jika pada saat Tarik PD terdapat data yang hilang atau tidak masuk ke dalam aplikasi ?
Jawaban: Tarik Peserta Didik lebih baik sedikit demi sedikit, untuk menghindari data yang hilang selama syncronisasi yang kemungkinan dikarenakan jaringan yang tidak stabil. Sebelum syncronisasi jangan lupa Klik tombol Konfirmasi terlebih dahulu. Tips nya adalah setelah tarik Peserta Didik lakukan sync, jangan mengumpulkan hasil tarik Peserta Didik terlalu banyak tapi lakukan sync setelah tarik secara bertahap.

Kontributor :
Tim Dapodik
Sumber :