Breaking

Rilis Aplikasi Dapodik SMA-SMK v8.4.0

Yth. Bapak/Ibu Operator Dapodik SMA-SMK
di Seluruh Nusantara

Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Puji Syukur Alhamdulillah, Tim Pengembang Dapodik SMA-SMK Pusat telah menyelesaikan Aplikasi Dapodik SMA-SMK versi 8.4.0 sebagai langkah tindak lanjut atas masukan dari Operator Dapodik SMA-SMK di seluruh Nusantara. Pada Aplikasi Dapodik SMA-SMK versi 8.4.0 terdapat beberapa pembenahan yang cukup signifikan dalam hal data referensi, pengaturan kurikulum dan pembelajaran. Pembenahan-pembenahan tersebut sebagai upaya dalam melakukan sinkronisasi aturan/regulasi, prosedur, dan mekanisme pemanfaatan data dari Dapodik SMA-SMK untuk transaksional di Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga kependidikan. Diharapkan dengan pembenahan ini akan semakin meningkatkan validitas data di Dapodik SMA-SMK dan juga data yang telah tersinkron dan masuk ke system di Ditjen GTK. 

Rilis Aplikasi Dapodikmen versi 8.4.0 terdiri dari 2 (dua) aplikasi yaitu Installer Aplikasi Dapodik SMA-SMK versi 8.4.0 dan Updater Aplikasi Dapodik SMA-SMK versi 8.4.0. Dalam rangka untuk memperoleh hasil instalasi yang baik, diperlukan beberapa pemahaman sebagai berikut :

• Installer Dapodikmen Versi 8.4.0 digunakan pada komputer/laptop operator yang belum terdapat sama sekali aplikasi Dapodik SMA-SMK ( fresh install atau baru)

• Updater 8.4.0 digunakan pada komputer/laptop operator yang sudah terinstalasi aplikasi Dapodik SMA-SMK versi 8.3.0. 

Beberapa hal yang harus diperhatikan oleh operator Dapodikmen terkait teknis update Aplikasi Dapodikmen versi 8.4.0 adalah sebagai berikut:


A. Untuk kondisi sekolah melakukan instalasi baru, proses instalasinya sebagai berikut :

1.Download Installer Aplikasi Dapodikmen versi 8.4.0 

2.Generate dan download prefill baru menggunakan Kode Registrasi di alamat : http://sync.dikmen.kemdikbud.go.id/prefill_dapodik/generate_prefill.php.

3.Masukkan file prefill yang telah di download ke dalam folder C://prefill_dapodik

4.Lakukan registrasi pada aplikasi Dapodik SMA-SMK versi 8.4.0 dengan menggunakan user account yang sama dengan yang telah diregistrasi pada aplikasi Dapodik SMA-SMK versi 8.3.0, untuk proses registrasi yang lebih cepat disarankan menonaktifkan koneksi internet terlebih dahulu. 

5.Setelah registrasi dan login, lakukan validasi di lanjutkan sinkronisasi ON LINE. Hal ini bertujuan meng-update referensi-referensi baru.


B. Untuk Kondisi sekolah yang masih menggunakan Aplikasi Dapodik SMA-SMK versi 8.3.0, proses instalasinya sebagai berikut :

1.Download updater 8.4.0

2.Lakukan sinkronisasi dan pastikan sinkronisasi sukses dengan melihat report data yang sukses dan gagal disinkronisasi.

3.Lakukan instalasi Updater 8.4.0 

4.Akses aplikasi dan lakukan refresh dengan menekan tombol ctrl + F5

Dan berikut ini merupakan daftar perubahan pada Aplikasi Dapodik SMA-SMK versi 8.4.0: 

1.[Pembaruan] Validasi rombongan belajar jenis kelas yang tidak memiliki wali kelas

2.[Pembaruan] Validasi PTK yang belum memiliki email dan akun pengguna PTK

3.[Pembaruan] Menyesuaikan jenis pendaftaran anggota rombel dengan pilihan jenis pendaftaran di menu salin anggota rombel

4.[Pembaruan] Menu salin anggota rombel dari rombel kelas untuk rombel selain rombel kelas

5.[Pembaruan] Filter pilihan kurikulum berdasarkan program / paket keahlian / program pengajaran di tabel rombongan belajar

6.[Pembaruan] Filter pilihan tambah mata pelajaran sesuai dengan mapping GTK

7.[Pembaruan] Mencegah data paket keahlian / program pengajaran rombongan belajar diganti bila telah memiliki daftar pembelajaran

8.[Pembaruan] Keterangan jumlah jam total rombel pada tabel pembelajaran

9.[Perbaikan] Bug date picker kolom TST Program Inklusi pada tabel Program Inklusi

10.[Perbaikan] Bug pendeteksian PLT kepala sekolah pada keterangan di beranda

11.[Perbaikan] Menambahkan pilihan mata pelajaran Bimbingan dan Konseling ketika menambah mata pelajaran di tabel pembelajaran

12.[Perbaikan] Bug pilihan rombel di menu salin anggota rombel

Aplikasi Dapodik SMA-SMK akan senantiasa dilakukan pembenahan, penyempurnaan dan up date seiring perkembangan dan tuntutan serta menyesuaikan terhadap perubahan dan perkembangan regulasi. Oleh karenanya kami senantiasa mengingatkan terus meningkatkan kualitas data Dapodik sekolahnya baik secara kuantitas maupun kualitas. 

Atas perhatian dan kerjasamanya, kami sampaikan terimakasih.




Wassalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Salam Satu Data,


Admin Dapodik SMA-SMK

Installer Aplikasi Dapodik SMA-SMK 8.4.0 dapat diunduh pada link: disini

Updater Aplikasi Dapodik SMA-SMK 8.4.0 dapat diunduh pada link: disini

No comments: